kisi kisi UN SMP 2015
KISI-KISI UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2014-2015
A. KISI-KISI UJIAN NASIONAL SMP/MTs
1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1
|
Membaca dan memahami berbagai teks nonsastra (biografi, artikel,
berita, iklan, tabel/diagram, bagan,
grafik, peta, denah), berbagai karya sastra (puisi, antologi puisi, cerpen,
buku kumpulan cerpen, cerita
anak,
buku cerita anak, novel remaja, novel
angkatan 20 – 30-an, dan drama).
|
Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks.
|
Menentukan persamaan isi berita.
|
||
Menentukan perbedaan penyajian berita.
|
||
Mengidentifikasi isi teks biografi/iklan.
|
||
Menentukan kalimat fakta/opini dalam teks iklan.
|
||
Menyimpulkan isi paragraf.
|
||
Mengidentifikasi isi grafik, tabel, bagan, denah.
|
||
Mengidentifikasi unsur
intrinsik puisi.
|
||
Mengidentifikasi unsur
intrinsik cerita pendek/cerita anak.
|
||
Mengidentifikasi perbedaan karakteristik dua novel.
|
||
Mengidentifikasi unsur
intrinsik drama.
|
||
2.
|
Menulis dan menyunting teks nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat pribadi, surat dinas, narasi dan pesan singkat, laporan, pengumuman, petunjuk, rangkuman, teks berita, slogan/ poster, iklan,
resensi dan karangan, surat pembaca, teks pidato, dan
karya ilmiah; menulis teks sastra dalam bentuk puisi,
pantun, dongeng,
cerpen, dan drama.
|
Menulis catatan
pengalaman pada buku harian.
|
Menulis pesan singkat sesuai konteks.
|
||
Menulis laporan/pengumuman/resensi.
|
||
Melengkapi surat pribadi/surat dinas/surat pembaca.
|
||
Menulis rangkuman.
|
||
Menulis teks berita sesuai konteks.
|
||
Menulis slogan sesuai konteks.
|
||
Menulis iklan sesuai konteks.
|
||
Menyusun petunjuk melakukan sesuatu.
|
||
Menulis teks pidato.
|
||
Menulis rumusan masalah karya ilmiah/saran karya
ilmiah/daftar pustaka.
|
||
Menyunting kalimat, ejaan/tanda baca, pilihan kata.
|
||
Melengkapi pantun.
|
||
Melengkapi puisi.
|
||
Melengkapi naskah
drama.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
READING (Membaca) Memahami makna dalam wacana tertulis pendek baik teks fungsional maupun esai sederhana berbentuk deskriptif (descriptive, procedure, maupun report) dan naratif (narrative dan recount)
dalam konteks
kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks fungsional
pendek berbentuk caution/notice/warning, greeting card, letter/e-mail,
short message, advertisement, announcement,
invitation, schedule.
|
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk procedure.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk descriptive.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk recount.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau pesan moral/tujuan
komunikatif dalam teks berbentuk
narrative.
|
||
Menentukan gambaran umum/pikiran utama paragraf atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau rujukan kata atau makna kata/frasa
atau tujuan komunikatif dalam teks berbentuk report.
|
||
2.
|
WRITING (Menulis)
Mengungkapkan makna secara tertulis
teks fungsional pendek dan esai sederhana berbentuk deskriptif
(descriptive, procedure, maupun report) dan naratif
(narrative dan recount) dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk recount/narrative sederhana.
|
Menentukan kata yang tepat untuk melengkapi teks rumpang bentuk descriptive/procedure sederhana.
|
||
Menentukan susunan kata yang tepat untuk membuat kalimat yang bermakna.
|
||
Menentukan susunan
kalimat yang tepat untuk membuat paragraf yang padu dan bermakna.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Menggunakan konsep operasi
hitung dan sifat-sifat bilangan, perbandingan, bilangan berpangkat, bilangan akar, aritmetika sosial, barisan bilangan,
serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi
tambah, kurang,
kali, atau bagi pada bilangan.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi bilangan berpangkat atau bentuk
akar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbankan atau koperasi dalam aritmetika sosial
sederhana.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan barisan bilangan
dan deret.
|
||
2.
|
Memahami operasi bentuk aljabar,
konsep persamaan
dan pertidaksamaan linier, persamaan
garis, himpunan, relasi, fungsi, sistem
persamaan linier, serta penggunaannya dalam pemecahan masalah.
|
Menentukan pemfaktoran bentuk aljabar.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan linier
atau pertidaksamaan linier satu variabel.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan himpunan.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan fungsi.
|
||
Menentukan gradien, persamaan garis, atau grafiknya.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linier dua variabel.
|
||
3.
|
Memahami konsep kesebangunan, sifat dan unsur bangun
datar, serta konsep hubungan antarsudut dan/atau garis, serta
menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan masalah menggunakan teorema
Pythagoras.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas
bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling bangun datar.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kesebangunan atau kongruensi.
|
||
Menyelesaikan masalah yang
berkaitan dengan hubungan
dua garis: besar sudut
(penyiku atau pelurus).
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan garis- garis istimewa pada segitiga.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan unsur-unsur/bagian-bagian lingkaran atau hubungan
dua lingkaran.
|
||
Memahami sifat dan unsur bangun ruang, dan menggunakannya dalam
pemecahan masalah.
|
Menentukan unsur-unsur pada bangun ruang.
|
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan kerangka atau jaring-jaring bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang.
|
||
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan
luas
permukaan bangun
ruang.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
4.
|
Memahami konsep dalam statistika,
serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menentukan ukuran pemusatan atau menggunakannya dalam
menyelesaikan masalah sehari-hari.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penyajian atau penafsiran data.
|
||
5.
|
Memahami konsep peluang suatu kejadian serta menerapkannya dalam pemecahan
masalah.
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan peluang suatu kejadian.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
1.
|
Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan menggunakan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran pokok, besaran turunan dan satuannya atau penggunaan alat
ukur dalam kehidupan sehari-hari.
|
2.
|
Menerapkan
konsep zat dan kalor serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
atau penerapan
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan konversi suhu pada termometer.
|
||
Menentukan besaran kalor dalam proses perubahan suhu atau penerapan perubahan wujud zat dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
3.
|
Mendeskripsikan dasar-dasar mekanika (gerak,
gaya, usaha, dan energi) serta penerapan konsep tekanan dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan jenis gerak lurus atau penerapan hukum
Newton dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada usaha atau energi .
|
||
Menentukan penerapan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis yang terkait dengan tekanan pada suatu zat.
|
||
4.
|
Memahami konsep-konsep dan penerapan, getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari.
|
Menentukan besaran fisis pada getaran atau gelombang.
|
Menjelaskan sifat bunyi atau penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan sifat cahaya, besaran-besaran yang berhubungan dengan
cermin/lensa atau penerapan
alat optik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
5.
|
Memahami konsep kelistrikan dan kemagnetan serta
penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Menjelaskan gejala listrik statis dalam penerapan kehidupan sehari-hari.
|
Menentukan besaran-besaran listrik
dinamis dalam suatu
rangkaian (seri/paralel,
Hukum Ohm atau Hukum Kirchhoff) serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menentukan besaran fisis energi atau daya listrik dalam kehidupan sehari-hari.
|
||
Menjelaskan cara pembuatan magnet dan kutub- kutub yang dihasilkan.
|
||
Menjelaskan peristiwa induksi elektromagnetik atau penerapannya pada transformator.
|
||
6.
|
Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi didalamnya.
|
Menjelaskan ciri-ciri anggota tata surya atau peredaran bumi-bulan terhadap
matahari.
|
7
|
Mendeskripsikan konsep
atom, ion dan molekul dihubungkan dengan produk kimia sehari-hari.
|
Mendeskripsikan atom, ion, dan
molekul serta hubungannya dengan produk kimia sehari-hari.
|
8.
|
Memahami klasifikasi zat serta
|
Mendeskripsikan larutan asam, basa, atau garam.
|
NO
|
KOMPETENSI
|
INDIKATOR
|
|
perubahannya.
|
Mendeskripsikan unsur, senyawa dan campuran
termasuk rumus kimia
|
Mendeskripsikan sifat kimia atau
fisika zat tertentu serta perubahannya.
|
||
9.
|
Mendeskripsikan pemakaian bahan kimia tertentu dalam kehidupan sehari-hari.
|
Mendeskripsikan bahan kimia tertentu
yang terdapat dalam beberapa produk kimia.
|
Mendeskripsikan bahan kimia adiktif
dan obat psikotropika serta cara menghindarinya.
|
||
10.
|
Mendeskripsikan ciri-ciri dan keanekaragaman makhluk hidup, serta pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kehidupan.
|
Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk hidup.
|
Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-
cirinya.
|
||
11.
|
Mendeskripsikan komponen
ekosistem, interaksi antarmakhluk
hidup dalam lingkungan, serta
peran manusia dalam pengelolaan lingkungan.
|
Menjelaskan interaksi antar makhluk hidup dalam ekosistem.
|
Menjelaskan usaha manusia untuk mengatasi pencemaran/kerusakan lingkungan.
|
||
Menjelaskan hubungan antara kepadatan populasi
manusia dengan
kualitas lingkungan berdasarkan hasil pengamatan/kasus.
|
||
12.
|
Menjelaskan sistem organ pada manusia.
|
Menjelaskan sistem gerak pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
Menjelaskan sistem pencernaan
manusia dan enzim- enzim yang berperan
pada proses pencernaan.
|
||
Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem ekskresi dan reproduksi pada manusia dan penyakit yang berhubungan dengannya.
|
||
Menjelaskan sistem saraf dan alat indera pada manusia.
|
||
13.
|
Menjelaskan sistem
organ dalam kehidupan tumbuhan
|
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan (organ)
pada tumbuhan.
|
Menjelaskan cara beradaptasi
(respon) tumbuhan terhadap pengaruh
lingkungan luar.
|
||
Menjelaskan proses fotosintesis
melalui percobaan- percobaan tentang proses tersebut.
|
||
14.
|
Mengaplikasikan
konsep pertumbuhan dan perkembangan, kelangsungan hidup dan pewarisan sifat pada organisme serta kaitannya dengan lingkungan, teknologi dan masyarakat.
|
Memberi contoh adaptasi makhluk hidup dan seleksi
alam dalam kelangsungan hidup
makhluk hidup.
|
Menginterpretasi proses persilangan berdasarkan
hukum Mendel.
|
||
Menjelaskan pemanfaatan
bioteknologi untuk kehidupan manusia.
|
Komentar
Posting Komentar